Nama : Viky Sugianto
NIM : 915070169
Pokok bahasan : Semiotik
Tanda Menciptakan Pergeseran Makna pada Iklan-iklan Komersil
Sebagai konsumen, kita mungkin disuguhi ratusan dan bahkan ribuan iklan komersil setiap hari. Iklan-iklan tersebut muncul di papan reklame, surat kabar, televisi, selebaran, kegiatan yang didukung sponsor, hingga e-mail. Iklan merupakan perangkat komunikasi antara perusahaan dengan konsumennya. Nampaknya iklan dipercaya sebagai cara untuk mendongkrak penjualan oleh banyak pengusaha untuk kegiatan promosi.Perkembangan iklan dari masa ke masa telah merefleksikan dunia kehidupan manusia. Sebuah iklan berkaitan dengan sistem tanda di dalamnya. Petanda-petanda merupakan konsep mental yang kita gunakan untuk membagi realitas dan mengategorikannya sehingga kita bisa memahami realitas tersebut. Semiotika memandang komunikasi sebagai pembangkitan makna dalam pesan (baik oleh encoder maupun decoder).